Pemain Indonesia merayakan gol yang dicetak Osvaldo Haay (20) ke gawang Brunei Darussalam (dok. PSSI)
Pemain Indonesia merayakan gol yang dicetak Osvaldo Haay (20) ke gawang Brunei Darussalam (dok. PSSI)

Osvaldo Hattrick, Indonesia Pesta Gol ke Gawang Brunei

Bola Timnas U-23 SEA Games 2019 Filipina
Gregorius Gelino • 03 Desember 2019 21:17
Manila: Indonesia berpesta gol ketika bertemu dengan Brunei Darussalam dalam fase grup cabor sepak bola SEA Games 2019 pada Selasa, 3 Desember. Indonesia menang telak 8-0 atas Brunei.
 
Indonesia layak berterima kasih kepada Osvaldo Haay. Penyerang Persebaya Surabaya ini tampil ciamik dan membukukan hattrick ke gawang Brunei.
 
Indonesia membuka pertandingan dengan tempo tinggi. Tim asuhan Indra Sjafri itu perlu menambah selisih gol mereka untuk menjaga peluang lolos ke semifinal sehingga tampil ofensif sejak wasit meniup peluit awal.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Hasilnya, Indonesia langsung unggul ketika laga baru berjalan 10 menit. Saddil Ramdani melakukan tusukan dari sisi kanan sebelum menyodorkan bola ke arah Osvaldo Haay yang tanpa kesulitan menceploskan bola.
 
Setelah mencetak gol pembuka, Indonesia tampak terburu-buru untuk mencari gol tambahan. Beberapa kesalahan umpan dan eksekusi yang kurang tenang membuat beberapa peluang yang didapat terbuang percuma.
 
Imbasnya, Indonesia baru bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-40 lewat sontekan Egy Maulana Vikri. Osvaldo mencetak gol keduanya pada menit ke-46 sekaligus menutup babak pertama dengan skor 3-0 untuk keunggulan Indonesia.
 
Pada babak kedua, Indonesia kembali tampil menyerang. Hasilnya, Saddil Ramdani mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membawa Indonesia unggul 4-0.
 
Pemain pengganti, Witan Sulaeman, ikut berpesta. Ia mencetak gol kelima Indonesia pada menit ke-69 memanfaatkan umpan Egy.
 
Osvaldo memastikan hattrick-nya pada menit ke-71. Syahrian Abimanyu menunjukan visi mumpuni dalam melepas umpan terobosan yang dimaksimalkan oleh Osvaldo untuk menambah skor.
 
Kapten sekaligus bek andalan Indonesia, Andy Setyo, menambah penderitaan Brunei. Ia mencetak gol ketujuh Indonesia setelah menanduk umpan sepak pojok Sani Rizki pada menit ke-77.
 
Egy menutup pesta Indonesia sekaligus mencetak gol keduanya pada menit ke-80. Mendapat ruang tembak di sisi kiri, Egy tak melakukan kesalahan dan memaksa kiper Brunei, Haimie Anak Nyaring, memungut bola untuk kedelapan kalinya dari gawangnya.
 
Berkat hasil ini, Indonesia merangsek ke peringkat dua grup B dengan sembilan poin dari empat laga. Mereka tertinggal tiga angka dari Vietnam di puncak klasemen dan unggul selisih gol dari Thailand di peringkat tiga.
 
Susunan pemain:
Indonesia: Riyandi; Asnawi, Andy, Nurhidayat, Bagas; Evan, Zulfiandi, Syahrian; Saddil, Osvaldo, Egy
 
Cadangan: Nadeo, van Djin, Witan, Rafli, Firza, Irianto, Sani Rizki, Irkham Mila, Feby
 
Brunei: Haimie; Aminuddin, Haziq, Rahimin, Amin; Asyaffahmmi, Ikhmal, Bolkiaji, Farhan; Aiman, Adi
 
Cadangan: Alimuddin, Syakur, Safwan, Hafiz, Naziruddin, Hakeme, Ridhwan, Hariz
 
Video: Ballon d'Or Kembali ke Pelukan Lionel Messi
 

 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif