Zinedine Zidane dan Juergen Klopp. (Foto: AFP/Gabriel Bouys, Glyn Kirk)
Zinedine Zidane dan Juergen Klopp. (Foto: AFP/Gabriel Bouys, Glyn Kirk)

Adu Taktik Sang Juru Racik

Bola real madrid liverpool liga champions 2017--2018
Alfa Mandalika • 25 Mei 2018 14:15
Jakarta: Zinedine Zidane dan Juergen Klopp menjadi sorotan jelang final Liga Champions antara Real Madrid kontra Liverpool di Stadion NSC Olimpiyskiy, Minggu 27 Mei dini hari WIB.
 
Berbicara kemampuan Zidane dan Klopp meracik strategi jangan ditanya lagi. Zidane yang belum genap tiga tahun membesut Madrid, sudah mempersembahkan tujuh gelar.
 
Menariknya, Zidane langsung mencuri perhatian di level Eropa. Dua gelar Liga Champions dalam dua musim terakhir menjadi bukti sahih kehebatan Zidane. Kesuksesan itu diikuti dengan dua gelar Piala Super Eropa dan dua gelar Piala Dunia antarklub.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"La Liga sudah lewat. Kami hanya punya Liga Champions. Tidak ada pilihan lain. Madrid selalu ingin memenangi semua trofi yang tersedia, tetapi musim ini kami tidak bisa melakukannya. Kami senang masih berada di final Liga Champions untuk diperebutkan," kata Zidane.
 
Sementara sang calon lawan, Klopp punya reputasi yang tidak buruk. Memang, selama melatih Liverpool sejak 2015, Klopp belum memberikan gelar. Akan tetapi, menjaga konsistensi di Liga Champions musim ini menjadi pembuktian bagi Klopp bahwa skuatnya bukanlah underdog.

Baca: Kilas Balik Final 1981 antara Real Madrid versus Liverpool


"Hanya ada beberapa klub dominan di Eropa dalam beberapa tahun terakhir dan Real Madrid adalah salah satunya. Saya tidak merasa masalah dengan kondisi itu dan juga tidak merasa sebagai tim underdog pada final nanti," kata Klopp.
 
Memperhatikan formasi yang selama ini dimainkan oleh Madrid, tampaknya Zidane akan menggunakan formasi 4-3-1-2. Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo menjadi juru gedor, lalu satu pemain di belakang mereka akan dimainkan oleh Isco.
 
Tiga gelandang disiapkan Zidane yakni Casemiro, Luca Modric, dan Toni Kroos. Sementara di jantung pertahanan, duet Sergio Ramos dan Raphael Varane diprediksi diturunkan sejak awal.
 
Sedangkan formasi 4-3-3 menjadi komposisi ideal Liverpool. Trio maut Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohammed Salah dipastikan menjadi tumpuan The Reds membongkar pertahanan rapat Madrid.
 
Menarik disimak, bagaimana duel di lini tengah. Georgino Wijnaldum, Jordan Henderson, dan James Milner harus berjibaku menahan serangan kreatif kubu Madrid.
 
Lalu, Dejan Lovren dan Virgil van Dijk akan bahu membahu membantu kinerja kiper Loris Karius.
 
Jelang final nanti, Zidane punya alternatif yang lebih siap apabila mengalami kebuntuan. Lucas Vazquez, Marco Asensio, atau Gareth Bale bisa menjadi kartu truf bagi Madrid.
 
Sedangkan Klopp, pilihannya bisa dibilang terbatas. Setidaknya, ada nama Adam Lallana dan Emre Can yang baru pulih dari cedera serta Dominic Solanke yang bisa diandalkan untuk duel udara.

Baca: Ronaldo: Mohamed Salah Mirip Messi


Prakiraan susunan pemain Real Madrid vs Liverpool:
 
Real Madrid: Navas, Marcelo, Ramos, Varane, Carvajal, Kroos, Modric, Casemiro, Isco, Ronaldo, Benzema
 
Liverpool: Karius, Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson, Wijnaldum, Henderson, Milner, Salah, Firmino, Mane
 
Trofi Zidane:
La Liga: 2016 -- 2017
Piala Super Spanyol: 2017
Liga Champions: 2016, 2017
Piala Super Eropa: 2016, 2017
Piala Dunia Antarklub: 2016, 2017
 
Trofi Klopp:
Bundesliga: 2010 -- 2011, 2011 -- 2012
DFB Pokal: 2012
Piala Super Jerman: 2013, 2014
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami@medcom_olahraga
 
Video: Liverpool Diprediksi Menang Tipis
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif