Menilik Skema Kompetisi Baru UEFA
Trofi Liga Champions (Foto: AFP PHOTO / LLUIS GENE)
Dublin: Induk sepak bola Eropa, UEFA, mengumumkan peluncuran kompetisi klub kasta ketiga yang bakal digelar mulai tahun 2021. Kompetisi ini dimaksudkan UEFA untuk memperluas jangkauan klub-klub liga Eropa minor untuk berkompetisi di kancah benua.

Kompetisi tersebut untuk sementara ini dinamai UEL2. Rencana peluncuran telah mendapat persetujuan lewat sidang komite eksekutif (exco) UEFA pada Minggu 2 Desember waktu setempat.

UEL2 nantinya bakal berada di bawah level Liga Europa dan Liga Champions. Rencananya, kompetisi tersebut bakal dimainkan pada Kamis malam dan Jumat dini hari, sama seperti Liga Europa saat ini.

Baca: Klopp Minta Maaf usai Selebrasi Masuk Lapangan

Delapan grup yang masing-masing diisi empat klub akan menjadi fase awal kompetisi tersebut. Namun, hanya juara grup yang berhak lolos secara otomatis ke babak 16 besar.


Bagi runner-up UEL2, akan dipertemukan dengan tim peringkat ketiga dari Liga Europa untuk memperebutkan tiket 16 besar UEL2. Skema serupa juga akan diterapkan bagi tim peringkat ketiga fase grup Liga Champions, untuk diadu dengan runner-up Liga Europa.

Maka dari itu, fase grup Liga Europa akan ditekan dari semula 48 tim, menjadi 32 tim. Artinya, hanya akan ada delapan grup di kompetisi tersebut.

"Kompetisi antar klub baru UEFA membuat kompetisi antar klub Eropa lebih menyeluruh dari sebelumnya. Akan ada lebih banyak laga untuk lebih banyak klub, dengan berbagai asosiasi (dari tiap negara) banyak terlibat di fase grup," ujar Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

Saat ini diperkirakan terdapat klub-klub dari 26 negara berbeda bersaing di Liga Champions dan Liga Europa dari tiap fasenya. Dengan adanya UEL2, UEFA menjamin setidaknya akan ada penambahan menjadi 34 negara yang terlibat.





(FIR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id