Para pemain Tottenham Hotspur merayakan keberhasilan mereka lolos ke babak semifinal Liga Champions (Foto: AFP/Anthony Devlin)
Para pemain Tottenham Hotspur merayakan keberhasilan mereka lolos ke babak semifinal Liga Champions (Foto: AFP/Anthony Devlin)

Fakta Menarik Usai Tottenham Melaju ke Semifinal

Bola liga champions tottenham hotspur manchester city
Patrick Pinaria • 18 April 2019 10:49
Tottenham Hotspur berhasil lolos ke babak semifinal meski dikalahkan Manchester City di leg kedua perempat final Liga Champions. Keberhasilan ini menghadirkan fakta baru. Salah satunya adalah fakta bahwa Tottenham mencapai semifinal kedua pada kompetisi bergengsi di benua biru itu.
 
Jakarta
: Tottenham Hotspur harus menelan kekalahan saat bertandang ke markas Manchester City dengan skor 3-4 pada leg kedua perempat final Liga Champions 2018--2019, Kamis 18 April dini hari WIB. Namun, hasil tersebut sudah cukup meloloskan The Lilywhites ke babak semifinal.
 
Hasil pada leg kedua itu sebetulnya membuat kedua tim bermain imbang dengan agregat 4-4. Namun, Tottenham berhak lolos ke babak semifinal karena unggul gol tandang. Mengingat, City tidak mampu mencetak gol tandang saat kalah di markas Tottenham dengan skor 0-1 pada leg pertama, 10 April.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Keberhasilan lolos ke babak semifinal memberikan catatan spesial bagi Tottenham. Sebab, mereka mencapai semifinal pertama sejak 57 tahun silam.

Baca: Tottenham Hotspur ke Semifinal meski Kalah dari Manchester City


Terakhir kali, Tottenham tampil di babak semifinal Liga Champions pada musim 1961--1962. Saat itu, kompetisi masih bernama Piala European.
 
Sementara itu, fakta tersingkir dari perempat final Liga Champions menjadi hasil yang cukup pahit bagi City. Sebab, mereka sudah tersingkir di babak tersebut dalam dua musim berturut-turut.
 
Musim lalu, City juga tersingkir di babak perempat final. Mereka disingkirkan oleh tim asal Inggris, Liverpool dengan agregat 1-5 saat itu.
 
Selain catatan di atas, masih ada fakta menarik lainnya yang tersaji usai Tottenham melaju ke semifinal. Berikut di antaranya yang berhasil dihimpun Medcom.id:
 
- Tottenham menjadi klub Inggris yang ketujuh yang sukses lolos ke semifinal Liga Champions (dihitung sejak kompetisi berganti nama dari Piala European). Sejauh ini, enam tim Inggris yang sudah merasakan babak semifinal pada kompetisi itu, yakni Arsenal, Chelsea, Leeds United, Liverpool, Manchester City, dan Manchester United.
 
- Jumlah klub itu menjadikan Inggris sebagai negara paling banyak mengirimkan wakil di semifinal Liga Champions.
 
- Tottenham sukses mencapai semifinal keduanya di Liga Champions (jika dihitung sejak kompetisi masih bernama Piala European). Terakhir kali, mereka tampil di semifinal pada musim 1961--1962.
 
- Kevin de Bruyne menjadi pemain pertama mampu mencetak setidaknya tiga assist di perempat final Liga Champions sejak 2007. Terakhir kali, catatan assist terbanyak ditorehkan Ryan Giggs dalam pertandingan Manchester United kontra AS Roma pada 2006--2007.
 
- Laga antara City kontra Tottenham sudah banjir gol sejak awal babak pertama. Pada babak itu, mereka mencetak lima gol. Jumlah gol di babak pertama itu baru pertama kali terjadi di Inggris di Liga Champions sejak 14 tahun silam. Terakhir kali, jumlah gol tersebut terjadi saat Chelsea menjamu Barcelona di Stamford Bridge.
 
- Raheem Sterling sudah terlibat dalam 43 gol dalam 50 pertandingan bersama Manchester City dan timnas Inggris di seluruh kompetisi pada musim ini. Rinciannya adalah 29 gol dan 14 assist. Jumlah tersebut menjadikan Sterling sebagai pemain Inggris paling banyak terlibat dalam gol di lima liga top Eropa.
 
- Sterling menjadi pemain City paling banyak terlibat dalam gol di Etihad. Rinciannya adalah 17 gol dan sembilan assist.
 
- City dan Tottenham mencetak empat gol dalam 11 menit pertama pertandingan. Jumlah gol ini menjadi yang tercepat dicetak dalam kompetisi Liga Champions.
 

Video: Reaksi Gattuso Usai Milan Dibekuk Juventus
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif