Suasana latihan Barcelona jelang menghadapi Borussia Dortmund (Foto: AFP/Lluis Gene)
Suasana latihan Barcelona jelang menghadapi Borussia Dortmund (Foto: AFP/Lluis Gene)

Tujuh Fakta Menarik Jelang Barcelona vs Dortmund

Bola liga champions borussia dortmund barcelona
Patrick Pinaria • 27 November 2019 13:06
Jakarta: Laga krusial akan dihadapi Barcelona saat menjamu Borussia Dortmund pada matchday kelima penyisihan Grup F Liga Champions 2019--2020, Kamis 28 November. El Barca wajib menang guna lolos ke babak 16-besar.
 
Barcelona saat ini menjadi pemimpin klasemen sementara dengan mengoleksi delapan poin. Namun, tim besutan Ernesto Valverde tersebut masih butuh setidaknya tiga angka demi mengamankan tiket 16-besar.
 
Pasalnya, posisi Barcelona saat ini belum aman lantaran hanya berselisih dekat dengan Dortmund dan Inter Milan. Mereka hanya unggul satu poin dari Dortmund di peringkat kedua dan empat poin dari Inter Milan di peringkat ketiga.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Namun, bukan perkara mudah buat Barcelona bisa meraih kemenangan atas Dortmund nanti. Sebab, Die Borussen menjadi lawan yang cukup merepotkan Barcelona. Itu terbukti saat Dortmund mampu meraih hasil imbang tanpa gol saat menghadapi El Barca pada pertemuan pertama, 18 September.
 
Barcelona juga patut waspada dengan Dortmund karena mereka akan tampil ngotot demi menjaga asa lolos ke babak 16-besar. Apalagi, Der BVB masih berada di peringkat kedua dan terpaut tiga poin dari Inter.
 
Sebelum menyaksikan serunya pertandingan tersebut, ada baiknya para pencinta sepak bola mengetahui fakta-fakta menarik terkait pertandingan Barcelona vs Dortmund. Berikut di antaranya yang sudah dirangkum Medcom.id:
 
- Barcelona dan Dortmund sebelumnya pernah berjumpa di turnamen Eropa lainnya, yakni Piala Super Eropa 1997. Laga dimenangkan El Barca dengan agregat 3-1.
 
- Barcelona belum terkalahkan dalam 34 pertandingan kandang terakhir di Liga Champions. Rinciannya adalah 30 kemenangan dan empat kali imbang. Kemenangan kandang pertama dimulai pada September 2013.
 
- Barcelona sukses meraih kemenangan dalam tiga pertandingan terakhir melawan klub-klub Jerman di Camp Nou.
 
- Dari tiga klub Jerman yang dikalahkan itu, Barcelona total mampu mencetak sembilan gol dan hanya satu kali kebobolan.
 
- Barcelona juga sukses meraih 13 kemenangan dari 14 pertandingan terakhir melawan tim-tim Jerman di Camp Nou. Sisanya, El Barca menelan satu kekalahan, tepatnya saat menghadapi Bayern Muenchen di leg kedua semifinal Liga Champions 2012--2013. Saat itu, mereka kalah dengan skor 0-3.
 
- Dortmund hanya mampu meraih tiga kemenangan dari 14 laga tandang yang dilakoni di kompetisi Eropa.
 
- Terakhir kali, Dortmund menelan kekalahan di Spanyol saat menghadapi Atletico Madrid pada musim lalu. Kekalahan tersebut juga memperpanjang rekor buruk mereka dalam melakoni 15 laga tandang terakhir menghadapi tim-tim Spanyol. Mereka hanya mampu meraih satu kemenangan dari total pertandingan tersebut.
 

Video: Hasil Lengkap Matchday Kelima Liga Champions
 

 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif