Penyerang Barcelona, Lionel Messi (AFP/Jose Jordan)
Penyerang Barcelona, Lionel Messi (AFP/Jose Jordan)

Messi Disebut sebagai Biang Kegagalan Barcelona di Liga Champions

Bola barcelona
Gregorius Gelino • 25 Juni 2019 18:48

Menurut van Gaal, Messi gagal beradaptasi dengan Barcelona. Pelatih-pelatih Barca juga gagal mengintegrasikan Messi ke dalam skema permainan mereka.


Madrid: Mantan pelatih Barcelona, Lous van Gaal, menilai keberadaan Lionel Messi sebagai biang kegagalan Barcelona di Liga Champions musim lalu. Menurut pria asal Belanda itu, Messi gagal beradaptasi dengan tim sehingga pelatih-pelatih Barca kerap memaksa timnya beradaptasi dengan gaya bermain Messi.
 
"Saya percaya setiap tim memerlukan struktur yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama tim. Sepak bola adalah olah raga tim, bukan individual. Di Spanyol, mereka melupakan ini karena terkadang mereka memiliki pemain bintag. Saya percaya pemain bintang harus membantu tim untuk menang dan di sepak bola, itu adalah hal yang lumrah," beber van Gaal dalam wawancara dengan El Pais.


Baca juga: Coutinho Akui Tampil Buruk Bersama Barcelona


"Saya menyukai Messi sebagai pemain individual. Dia adalah pemain individual erbaik di dunia karena statistiknya sangat luar biasa. Tapi kenapa ia tidak memenangkan Liga Champions lima tahun lalu?" lanjutnya.
 
"Sebagai kapten, anda harus menanyakan kepada diri anda kenapa anda tidak bisa menang di Eropa. Barca memiliki skuat yang hebat, tapi saya pikir Messi bertanggung jawab atas kegagalan tim, bukan hanya pelatih," tegasnya.


Baca juga: Arthur Nantikan Kepulangan Neymar ke Barcelona


"Barca memiliki 30 pemain dan Messi harus beradaptasi dengan tim, bukan sebaliknya. Guardiola memainkan Messi demi kebaikan tim, tapi pelatih setelahnya terlalu sering beradaptasi dengan Messi ketimbang menjaga semangat tim," ujarnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Itulah kenapa Barca kalah 4-0 di semifinal dari Liverpool. Jika ada semangat tim, hasil tersebut takkan terjadi di level tertinggi," pungkasnya.
 
Barcelona tersingkir di semifinal Liga Champions dari Liverpool setelah kalah dengan agregat 4-3. Setelah menang 3-0 di Camp Nou, Barca takluk 4-0 di Anfield.
 
Video: Dukungan Legenda Cile untuk Sanchez
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif