Presiden UEFA Aleksander Ceferin (Foto: AFP/Fabrice Coffrini)
Presiden UEFA Aleksander Ceferin (Foto: AFP/Fabrice Coffrini)

Wabah Virus Korona

UEFA Pastikan Tak Ada Perubahan Aturan Kualifikasi Liga Champions

Bola liga champions uefa Virus Korona
Patrick Pinaria • 12 Mei 2020 14:39
Nyon: Jadwal kompetisi sepak bola domestik di benua Eropa musim 2019--2020 terganggu karena pandemi korona. Namun, Federasi Sepak bola Eropa (UEFA) memastikan tidak akan mengubah proses kualifikasi Liga Champions untuk musim 2020--2021.
 
Kompetisi-kompetisi domestik di Eropa ditunda sejak Maret. Keputusan tersebut diambil operator liga dan asosiasi sepak bola masing-masing negara demi membantu pemerintah memutus rantai penyebaran virus korona.
 
Namun, beberapa operator liga akhirnya memutuskan untuk menghentikan kompetisi dengan berbeda-beda kebijakan. Ada yang berakhir tanpa juara dan degradasi, ada juga berakhir dengan juara dan degradasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Contoh saja dua kompetisi Eropa seperti Eredivisie dan Ligue 1 Prancis. Kedua operator liga memutuskan untuk menghentikan kompetisi tersebut lebih cepat.
 
Sementara itu, liga-liga top Eropa lainnya masih berencana untuk melanjutkan kompetisi. Di antaranya Bundesliga 1 Jerman, La Liga Spanyol, Liga Primer Inggris, dan Liga Serie-A Italia.
 
Situasi ini lantas berefek besar buat kompetisi Liga Champions musim depan. Terutama untuk proses kualifikasi kompetisi tersebut.
 
UEFA pun mencoba angkat bicara soal itu. Mereka pun memastikan tidak ada perubahan dalam proses kualifikasi Liga Champions. Mereka tetap memakai prinsip prestasi olahraga untuk menentukan tim-tim yang bisa masuk ke kompetisi.
 
"UEFA tidak pernah mempertimbangkan merampas juara domestik yang menjadi hak mereka untuk masuk ke babak penyisihan Grup Liga Champions," tulis pernyataan UEFA.
 
"UEFA ingin mengklarifikasi saat ini hanya memantau perubahan situasi dan dampak potensial pada format putaran kualifikasi untuk kompetisi klub tahun depan," lanjut mereka.
 
"Sampai saat ini, tidak ada opsi spesifik yang dikembangkan untuk format kualifikasi untuk kompetisi klub di Eropa," tutup pernyataan UEFA.
 
Perubahan yang dipertimbangkan UEFA sejauh ini adalah jadwal kompetisi Liga Champions musim depan. Terutama untuk jadwal babak play-off.
 
Awalnya, babak play-off pertama dijadwalkan pada 23 Juni. Akan tetapi, jadwal itu akan digeser setelah final Liga Champions musim ini yang direncanakan digelar pada 29 Agustus. (Sky Sports)
 

Video: Latihan Fisik di Rumah ala Neymar Jr
 

 

(ASM)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif