Penyisihan Grup H Liga Champions 2018--2019

Tundukkan Valencia, Juventus Rebut Tiket 16 Besar

Patrick Pinaria 28 November 2018 04:56 WIB
liga championsjuventusvalencia 2016--2017
Tundukkan Valencia, Juventus Rebut Tiket 16 Besar
Momen saat Cristiano Ronaldo melewati gelandang Valencia Daniel Wass (Foto: AFP/Miguel Medina)
Turin: Juventus berhasil memetik kemenangan saat menjamu Valencia dengan skor 1-0 pada matchday kelima penyisihan Grup H Liga Champions 2018--2019, Rabu 28 Oktober. Torehan positif tersebut mengantarkan I Bianconeri lolos ke babak 16-besar.

Skor tersebut sebetulnya tidak menggambarkan situasi pertandingan. Sebab, Juventus tampil sangat dominan pada laga yang digelar di Stadion Allianz itu. Statistik mencatat tim besutan Massimiliano Allegri tersebut mampu bermain dengan penguasaan bola sebanyak 59 persen.

Agresivitas Juventus juga jauh lebih unggul ketimbang Valencia. Tercatat, mereka mampu menciptakan enam tembakan tepat sasaran. Sedangkan tim tamu hanya menciptakan satu tembakan tepat sasaran.


Namun, Juventus kesulitan dalam melakukan penyelesaian akhir. Bahkan, mereka pun tidak mampu mencetak gol pada babak pertama. Hal serupa juga dilakukan Valencia. Skor 0-0 pun bertahan hingga turun minum.

Baca: Lima Momen Paling Kontroversi Sepanjang Fase Grup Piala AFF

Situasi pertandingan tidak berubah ketika memasuki babak kedua. Juventus tetap menunjukkan permainan agresif dan mendominasi pertandingan.

Pada menit ke-48, Juventus bahkan sudah menciptakan peluang berbahaya lewat Cristiano Ronaldo. Penyerang asal Portugal tersebut mengeksekusi tendangan bebas dengan keras. Namun, bola masih bisa diatasi kiper Valencia Neto.

Juventus akhirnya mampu memecah kebuntuan ketika laga memasuki menit ke-59. Mario Mandzukic menjadi pencetak gol pembuka untuk La Vecchia Signora. Striker asal Kroasia tersebut sukses memanfaatkan umpan silang dari Ronaldo.

Valencia mencoba untuk merespons. Pada menit ke-61, Valencia nyaris menyamakan kedudukan andai gol Mouctar Diakhaby tidak dianulir wasit. Gol tersebut harus dibatalkan wasit karena Diakhaby kedapatan melakukan handball pasif sebelum gol tercipta.

Baca: Pochettino Tertarik Melatih Klub Italia

Juventus tidak ingin membiarkan Valencia bangkit. Mereka mencoba terus tampil agresif sehingga membuat Los Che kesulitan mengembangkan permainan. Sejumlah peluang pun diciptakan Bianconeri melalui Mandzukic, Ronaldo, dan Paulo Dybala. Namun, tidak ada yang berbuah maksimal.

Pada menit ke-73, Juventus mengancam gawang Valencia lewat peluang Ronaldo. Pemain asal Portugal tersebut melepaskan sundulan usai menerima umpan dari Miralem Pjanic. Beruntung bagi Valencia lantaran Neto mampu menangkap bola.

Hingga turun minum, kedua tim tidak lagi mencetak gol tambahan. Juventus memastikan kemenangan dengan skor 1-0.

Tambahan tiga poin membuat Juventus kian kokoh di puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 12 poin. Mereka pun berhak lolos ke babak 16-besar karena jumlah poin mereka tidak bisa dikejar oleh Valencia dan Young Boys yang berada di peringkat ketiga dan keempat.


Susunan pemain:

Juventus: Wojciech Szczesny, Alex Sandro/Juan Cuadrado (46'), Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Joao Cancelo, Blaise Matuidi, Miralem Pjanic, Rodrigo Bentancur, Cristiano Ronaldo, Mario Mandzukic, Paulo Dybala/Douglas Costa (79').

Valencia: Neto, Daniel Wass, Gabriel Paulista, Mouctar Diakhaby, Jose Gaya, Francis Coquelin, Dani Parejo, Geoffrey Kondogbia/Carlos Soler (72'), Goncalo Guedes, Rodrigo Moreno/Kevin Gameiro (46'), Santi Mina/Michy Batshuayi (68').


Video: Kalahkan Sriwijaya FC, Persija Puncaki Klasemen Liga 1

 



(PAT)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id