Suasana di markas ofisial pemantau VAR (Foto: Mladen ANTONOV / AFP)
Suasana di markas ofisial pemantau VAR (Foto: Mladen ANTONOV / AFP)

Liga Champions Dipantau VAR Mulai Musim Depan

Bola liga champions uefa
M. Rizky Adhestian • 27 September 2018 19:09
Nyon: Penggunaan Video Assistant Referees (VAR) akan diterapkan pada Liga Champions musim 2018--2019. UEFA selaku induk sepak bola Eropa, yakin sistem VAR akan sudah matang musim depan.
 
Hal tersebut dikatakan oleh Presiden UEFA, Aleksander ?eferin. Menurutnya, mengenalkan VAR di kompetisi UEFA musim depan sudah cepat dalam hal optimalisasi.

Baca:Marcelo 'Tertimpa Tangga' Usai Madrid Dibantai

"Kami yakin mengenalkan Video Asistant Referees pada Agustus 2019 akan memberikan cukup waktu untuk mematangkan sistem dan melatih para ofisial pertandingan mengunakannya dengan efisien dan tepat di Liga Champions UEFA," ujar ?eferin dikutip laman resmi UEFA.
 
Keputusan menggunakan VAR di Liga Champions diambil dari rapat komite eksekutif UEFA pada Kamis 27 September pagi waktu setempat di markas mereka, Nyon. Selain Liga Champions, VAR juga bakal diterapkan Piala Super Eropa 2019 dan Piala Eropa 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Namun demikian, UEFA merencanakan untuk menerapkannya di kompetisi Liga Europa pada musim 2020--2021. Untuk kompetisi UEFA Nations Legaue juga baru akan diterapkan pada 2021.
 
Sebelumnya, VAR sudah familiar saat diterapkan pada Piala Dunia Rusia 2018. VAR juga sukses menghasilkan 10 penalti yang tidak terlihat wasit pada kompetisi akbar tersebut.
 

 

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif