Aksi kericuhan antara suporter Rusia dan Inggris (Foto: AFP/Valery Hache)
Aksi kericuhan antara suporter Rusia dan Inggris (Foto: AFP/Valery Hache)

Imbas Suporter Rusuh, Rusia Terancam Sanksi UEFA

Bola piala eropa 2016 timnas rusia
Patrick Pinaria • 12 Juni 2016 18:45
medcom.id, Nyon: Rusia terancam sanksi oleh Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Ancaman itu muncul akibat dari aksi anarkis suporter Rusia saat mendukung timnya yang berduel melawan Inggris pada matchday I fase penyisihan Grup B, Minggu 12 Juni dini hari WIB.
 
Dalam kasus ini, UEFA telah menjatuhkan tiga dakwaan untuk Rusia. Dakwaan-dakwaan tersebut dijatuhkan atas dasar ulah kericuhan yang dilakukan suporter Rusia seperti gangguan kerumunan, perilaku rasis, dan menyalakan flare.
 
Salah satu aksi kekerasan yang dilakukan adalah menyerang suporter Inggris dalam stadion ketika laga sedang berlangsung. Sebelumnya, tindakan kekerasan tersebut sudah dilakukan sebelum pertandingan. Selain itu, mereka juga telah menyerang keamanan di tribun selatan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Para suporter Rusia melanjutkan ulah mereka dengan memasang flare dan petasan dalam stadion. Aksi tersebut juga sempat dilakukan mereka tiga hari sebelum pertandingan yang memicu bentrok dengan polisi Marseille dan pendukung lokal di Prancis.
 
Bentrokan antara suporter Rusia dan Inggris telah memakan korban. Sejumlah media Prancis melaporkan sebanyak 35 orang terluka akibat aksi bentrok tersebut.
 
Ini bukan pertama kalinya suporter Rusia melakukan aksi anarki. Sebelumnya, mereka pernah melakukan hal serupa ketika mendukung timnya pada Piala Eropa 2012.
 
Ancaman sanksi UEFA itu bakal sangat merugikan timnas Rusia. Pasalnya, mereka terancam absen pada Piala Dunia 2018 yang digelar di negeri sendiri. (Goal)

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif