Plus Minus Suporter Timnas Indonesia U-19
Suporter timnas Indonesia. (Foto: Gregah Nurikhsani E. / Medcom.id)
Sidoarjo: Loyalitas suporter timnas Indonesia dalam mendukung Saddil Ramdani cs di Piala AFF U-19 diapresiasi oleh PSSI. Sayang, di balik kekalahan atas Malaysia, Kamis 12 Juli 2018, insiden memalukan terjadi.

Usai pertandingan semifinal yang dihelat di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, sejumlah suporter melakukan pelemparan botol ke arah skuat Malaysia. Hal itu disayangkan oleh pelatih Malaysia asal Kroasia, Bojan Hodak.

"Suporter Indonesia sebenarnya fantastis. Tapi saya tidak paham kenapa setelah pertandingan. Federasi sepak bola Indonesia seharusnya memberikan edukasi, hal seperti ini tidak boleh terjadi," kata Hodak ditemui awak media usai pertandingan.


Klik: Kunci Kemenangan Malaysia: Matikan Egy, Todd, dan Saddil

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha, mengomentari hal tersebut. Padahal, ia sudah terkesan dengan loyalitas suporter yang rela antre tiket sejak pukul dua dini hari.

Tisha meminta agar suporter bisa menerima kekalahan. Perilaku suporter timnas yang sering tidak bisa mengontrol emosi akan dijadikan sebagai evaluasi PSSI ke depannya.

"Kalau untuk penonton sih saya catatannya dua, pertama terima kasih antusiasnya, dukungannya untuk timnas. Dengar kabar antrean tiket dari jam dua pagi, itu luar biasa. PSSI berterima kasih untuk itu," timpal Tisha.

"Saya sangat menyayangkan tadi saat lagu Malaysia, penonton meneriaki. Negara besar janganlah bertindak seperti itu jika kita juga tidak ingin diperlakukan seperti itu. Bayangkan saja misalnya kita ada di posisi itu, kalau sekedar sesimpel menghormati orang lain saja kita masih sulit terus gimana mau juara. Juara itu amanahnya lebih sulit dari pada kalah, kalau kita tidak bisa terima kekalahan maka kita tidak bisa menerima kemenangan. Jangan begitu lagi," sambungnya lagi.

Video: Menyusuri Keindahan Kota Terindah di Dunia, St. Petersburg, #SalamdariRusia
 



metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id