medcom.id, London: Demam Piala Dunia tahun ini ternyata telah menjamur hingga ke media sosial. Para fan dari seluruh dunia membicarakan perkembangan tim favoritnya melalui jejaring sosial.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tim nasional Inggris memasuki peringkat pertama di dunia melewati Jerman, Spanyol, dan Brasil di media sosial.
Situs pemantauan media sosial, Starcount, telah meneliti ratusan juta penggemar sepak bola di seluruh dunia. Perusahaan itu menganalisis 12 situs media sosial ternama di dunia untuk mengetahui keterlibatan para pengguna media sosial dalam mengikuti perkembangan masing-masing timnas Piala Dunia.
Menurut hasil penelitian menunjukkan fan dari timnas Inggris itu menjadi tim yang terfavorit di media sosial :
Team + 'Starscore'
1. Inggris - 334,017
2. Brasil - 326,023
3. Amerika Serikat - 305,714
4. Jerman - 304,111
5. Perancis - 302,182
6. Italia – 295,812
7. Jepang – 289,653
8. Spanyol – 256,945
9. Portugal – 244,063
10. Kolombia – 243,919
Bagaimana cara kerja Starcount dalam mengambil hasil survei tersebut? Starcount membuat sebuah tim yang bernama StarCore. Tim Starcore akan mengumpulkan data-data dari setiap situs media sosial yang sudah ditetapkan. Terakhir, hasil data itu akan diketahui melalui 'formula pintar' untuk mengetahui skala dan jangkauan berbagai jaringan.
Analisis itu menunjukkan Inggris yang paling populer.
- Komentar rata-rata perhari ada 17.729 retweets di Twitter.
- 57.661.191 pengunjung di video YouTube.
- Lebih dari 2,2 juta pengikut di Sina Weibo, situs jejaring terkemuka di Tiongkok. (metro/Christ Saputra)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
(NAV)
