Perusahaan Perikanan Nasional Jamin Produk Ekspor Budi Daya Berkualitas

Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA


Jakarta: Program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan mutu produk perikanan didukung perusahaan perikanan nasional, PT Suri Tani Pemuka (STP), anak usaha JAPFA, yang menjamin kualitas produk ekspor budi daya mereka.

"Sejalan dengan rencana strategis perusahaan untuk memperluas pasar, (produk) ekspor ini juga merupakan bentuk dukungan STP terhadap pemerintah dalam mendongkrak pendapatan negara melalui akselerasi volume ekspor nasional, terutama bidang budi daya perikanan," kata Direktur Utama Suri Tani Pemuka Ardi Budiono, dilansir dari Antara, Rabu, 2 Februari 2022.

Berdasarkan data dari STP, perusahaan tersebut mencatatkan nilai ekspor produk perikanan pada 2021 sebesar Rp524,6 miliar atau meningkat 30,5 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Rangkaian produk olahan tilapia, udang, dan sidat berhasil menembus pasar internasional berkat konsistensi STP dalam mempertahankan kualitas produk perikanannya.

Sementara itu, Head of Tilapia Operations & Seafood Further Processed STP Jenny Budiati menyatakan, pihaknya berkomitmen dalam menjaga kualitas mutu produk budi daya perikanan terus dijalankan untuk dapat selalu memenuhi kebutuhan nasional dan internasional.



"Kami mengutamakan produksi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, serta selalu melaksanakan pengawasan ketat dalam pemilihan bahan baku agar dapat menghasilkan produk perikanan berkualitas tinggi yang memberikan manfaat bagi konsumen Indonesia maupun mancanegara," ujar Jenny Budiati.

Sebagai contoh, katanya, karena kualitasnya, salah satu produk budi daya perikanan STP, yakni tilapia yang dibudidayakan langsung di Danau Toba telah menjadi salah satu primadona produk perikanan yang sangat diminati di pasar Internasional.

Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 2020, Amerika Serikat menempati posisi pertama sebagai negara dengan permintaan ekspor produk perikanan terbesar, salah satunya ikan nila (tilapia).

Adapun kerja sama ekspor tilapia antara STP dengan Amerika Serikat telah terjalin sejak 2014 dan masih terus berlanjut hingga saat ini. Pada ekspor 2021, Amerika Serikat mengambil porsi sebesar 54 persen dari keseluruhan total ekspor produk perikanan.

"Sebagai perusahaan perikanan yang membudidayakan tilapia, STP terus berupaya untuk memenuhi permintaan ekspor dengan produk-produk berkualitas hasil budidaya berkelanjutan yang terbukti dapat memenuhi pasar internasional," ucapnya.

Selain itu, ujar dia, produk olahan tilapia dan produk perikanan lainnya yang dihasilkan STP juga telah berhasil diekspor ke beberapa negara di Eropa dan Asia, seperti, Italia, Jepang, Taiwan, Malaysia, Thailand, Filipina, Brunei, dan Singapura.


Editor : Angga Bratadharma

Advertising