Menkes Ramal Desember Jadi Puncak Kasus Covid-19

Ilustrasi. (medcom.id)


Jakarta: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memperkirakan kasus covid-19 di Indonesia akan mencapai puncaknya lagi pada Desember 2022. Hal itu terlihat dari peningkatan kasus beberapa waktu terakhir.

"Jadi kita sudah meneliti terus setiap hari, puncaknya sudah hampir tercapai. Perkiraan saya Desember 2022 ini harusnya sudah akan tercapai," kata Budi di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Jumatm 25 November 2022.



Namun, ia memperkirakan kenaikan kasus covid-19 kali ini tidak akan lebih tinggi ketimbang puncak sebelumnya yang mencapai 60 ribu kasus per hari. Menurut dia, pada puncak kasus covid-19 saat ini, angka kasus positif akan bertambah sebanyak 10 ribu hingga 15 ribu per hari.

"Kalau wave ini terkendali, kita termasuk satu dari beberapa negara yang tidak mengalami gelombang besar selama 12 bulan," ungkap dia.

Baca: Dinkes DKI Dorong Warganya Segera Melengkapi Vaksin


Sementara itu, dalam sepekan terakhir terjadi peningkatan kasus covid-19 di Indonesia. Rata-rata penambahan kasus per hari 6 ribu sampai 7 ribu, dari sebelumnya di bawah 1.000 kasus.

Hingga kini, ada sebanyak 63.863 kasus covid-19 aktif di Indonesia. Adapun, total kasus terkonfirmasi covid-19 di Indonesia berjumlah 6,6 juta kasus. Dengan jumlah pasien sembuh sebanyak 6,4 juta jiwa dan meninggal sebanyak 159 ribu.

Dengan potensi peningkatan kasus itu, Budi menekankan pentingnya menggencarkan vaksinasi dosis lanjutan. Hal itu demi melindungi masyarakat dari virus korona.

"Yang penting saat ini adalah booster lagi. Karena antibodinya setiap 6 bulan menurun, kita tingkatkan booster lagi," ucap dia.

Editor : Lukman Diah Sari

Advertising